Senin, Januari 19, 2009

STRUCTURAL DEKING

1.Composite Floor System with steel or concrete structure.

Pelat baja yg dilapisi galvanis dan memiliki struktur yg kokoh untuk diaplikasikan pada pelat lantai. Selain itu pelat baja ini juga memiliki fungsi ganda yaitu sebagai bekisting tetap dan penulangan positif satu arah, dengan ketebalan 0.75 s/d 1 mm.

  • Profil Pelat lantai.

Dengan bentuk gelombang yg kokoh dan adanya tonjolan(embossment) yg terdapat disetiap sisi-sisi rusuk(atas dan miring) memberikan sifat monolit yg baik antara pelat lantai dengan beton dan juga memiliki kapasitas yg besar didalam mendukung beban-beban yang bekerja.

  • Efisiensi Beton.

Pemakaian pelat lantai baja ini juga dapat menghemat volume beton sebesar 17 s/d 25%.

  • Transportasi yg ringkas.

pelat lantai baja ini dapat dipesan sesuai dengan panjang yang diperlukan diusahakan panjang maksimum 12 m.

  • Cepat dan mudah dalam pemasangan.

Pemasangan pelat lantai ini dapat menutupi area yg luas karena pemasangan lembarannya dapat langsung menutupi 2 sampai 3 bentang dan dilakukan dengan waktu yg singkat.Dengan begitu dapat menghemat perancah dan tiang-tiang penyangga.

  • Tiang penyangga sementara.

Tiang penyangga sementara ini diperlukan untuk meniadakan lendutan panel pelat lantai pada saat umur beton masih basah. Tiang penyangga sementara ini dapat dilepas setelah beton berumur 7 sampai 14 hari.Pembebanan penuh pada pelat lantai komposit ini dapat diberikan setelah umur beton mencapai 28 hari dimana kekuatan beton telah tercapai.

  • Ketahanan terhadap kebakaran.

Berdasarkan pengujian bahwa tingkat ketahanan api pelai lantai komposit ini dapat mencapai 2 jam dengan stabilitas dan integritas yg baik.

  • Penulangan

Penulangan yg diperlukan adalah :

  1. Tulangan Negatif.

Diletakkan diatas tumpuan-tumpuan balok penopang pelat lantai komposit.

2. Tulangan susut.

Selain berfungsi untuk mengatasi perubahan suhu pada beton, tulangan ini juga diperlukan untuk menyebarkan pembebanan sehingga beban-beban yg bekerja pada pelat lantai komposit menjadi merata.

Source Data from PT.Adeha Metalindo.

A. Ada beberapa Hal yg perlu diperhatikan pada saat pengecoran beton di atas floor decking.

1. Selama pengecoran sebaiknya menggunakan papan sebagai jalan untuk para pekerja ketika meratakan adukan beton yg sudah dituang diatas floor decking, hal ini diperlukan supaya floor decking tidak terlalu banyak menerima beban manusia yg bekerja diatasnya dan menahan supaya tidak terjadi defleksi/lendutan pada floor decking.

2. Ketika adukan beton tertuang diatas cetakan, adukan tersebut harus diratakan kesemua bagian plat agar tidak terjadi penumpukan adukan beton disuatu tempat saja dan pemadatan beton bisa rata di semua bagian. bila terjadi penumpukan, akan menyebabkan beban beton tidak bisa merata diseluruh bagian plat lantai , bisa menggunakan vibrator untuk meratakan adukan yg sudah dituang.

3. Untuk meratakan adukan sebaiknya dimulai dari ujung balok kemudian diratakan hingga tengah bentang plat. ada 2 arah yg bisa digunakan untuk meratakannya, bisa searah atau juga bisa tegak lurus dengan rusuk floor decking.

4. Pada saat meratakan dan memadatkan beton selama pengecoran, posisi tulangan susut harus tetap berada kurang lebih 2 cm dari bagian bawah permukaan plat lantai. untuk menjaga jarak ini bisa menggunakan tahu beton yg diletakkan antara tulangan dengan floor decking.

5. Mutu beton yg digunakan minimal 21 Mpa atau 210 kg/cm2, hal ini untuk mendukung kekuatan pemakaian floor decking.

6. Bila akan menggunakan zat additif untuk beton, sebaiknya pilihlah zat additif yang tidak mengandung zat-zat yg dapat merusak lapisan galvanis.

About the Author

Author info. Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions, if you like it Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter

    Other Recommended Posts

  • structural decking beton lantai papan beton baja
 
back to top