Minggu, Juli 10, 2011

PENGETESAN BETON ( SLUMP TEST )

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kadar air beton/ kelecakan beton yang berhubungan dengan mutu beton. Dalam proyek ’tempat penulis kerja praktek’, nilai slump yang dipakai yaitu 12 ± 2 cm untuk struktur atas dan 16-18 ± 2 cm untuk struktur bawah dengan penambahan integralwaterproofing. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kerucut abrams. Cara pengujiannya adalah sebagai berikut.

a) Peralatan uji slump yaitu kerucut abrams disiapkan dengan ukuran diameter atas 10 cm dan diameter bawah 20 cm, serta tinggi 30 cm. Tongkat baja dengan panjang 60 cm dandiameter 16 mm.

b) Kerucut abrams diletakkan pada bidang rata dan datar namun tidak menyerap air, biasanya menggunakan alas berupa tripleks.

c) Kemudian adukan beton dimasukkan dalam tiga lapis yang kira-kira sama tebalnya, dan setiap lapis ditusuk 25-30 kali dengan menggunakan tongkat baja supaya adukan yang masuk dalam kerucut lebih padat.

d) Adukan yang jatuh disekitar kerucut dibersihkan, lalu permukaannya diratakan dan kerucut ditarik vertikal dengan hati-hati.

e) Kerucut abrams dibuka dan penurunan puncak kerucut diukur terhadap tinggi semula.

f) Hasil pengukuran inilah yang disebut nilai slump dan merupakan nilai kekentalan dari adukan beton tersebut.

g) Adukan beton dengan hasil slump yang tidak memenuhi syarat tidak boleh digunakan.

Mutu Beton

Slump Test (cm)

Tanpa IntegralWaterproofing

Dengan IntegralWaterproofing

K- 350

12 ± 2

16 s/d 18 ± 2

K- 400

12 ± 2

16 s/d 18 ± 2

Tabel 1.1 Hasil Pengujian Slump Test

clip_image001

Gambar 1.2 Slump Test

1) Tes Uji Kuat Tekan ( Compression Test / Crushing Test )

Tes uji kuat tekan bertujuan untuk mengetahui kuat tekan beton karakteristik ( kuat tekan maksimum yang dapat diterima oleh beton sampai beton mengalami kehancuran ), serta dapat menentukan waktu untuk pembongkaran bekisting balok dan pelat lantai.

Cara pengujian :

a) Silinder diameter 15 cm dan tinggi 30 cm dipersiapkan.

b) Cetakan silinder diletakkan pada pelat atas baja yang telah dibersihkan dan sisi dalamnya diolesi minyak pelumas seperlunya untuk mempermudah pelepasan beton dari cetakannya.

c) Adukan beton yang dipakai pada pengujian slump test dimasukkan ke dalam cetakan yang dibagi dalam tiga lapisan yang sama.

clip_image002

Gambar 1.3 Adukan Beton dari Slump Test digunakan untuk Pengujian Kuat Tekan Beton

d) Adukan beton ditusuk- tusuk sebanyak 10 kali tiap lapisan.

e) Bagian atasnya diratakan dan diberi kode tanggal pembuatan.

clip_image003

Gambar 1.4 Tata Cara Penandaan Benda Uji

f) Didiamkan selama 24 jam dan direndam dalam air (curing) selama waktu tertentu, kemudian diserahkan ke laboratorium untuk dilakukan pengetesan beton pada usia 4, 14, dan 28 hari.

g) Tes uji beton dilakukan dengan mesin uji tekan yang dilakukan di batching plant.

h) Ambil benda uji dari bak perendam yang direndam selama 4, 14, dan 28 hari, bersihkan dengan kain untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

i) Menimbang berat benda uji dan menghitung luas permukaannya.

j) Benda uji diletakkan pada mesin tekan secara sentris.

k) Mesin tekan dioperasikan dengan penambahan beban yang konstan berkisar antara 2 sampai 4 kg/cm2 per detik.

l) Pembebanan dilakukan sampai benda uji menjadi hancur kemudian mencatat beban maksimum yang terjadi selama pemeriksaan benda uji.

Mutu Beton

Umur Tes

Nilai Kuat Tekan rata-rata (Kg/cm²)

Persentase Kekuatan Beton

(%)

K- 400

28 Hari

501,88

125

K- 350

28 Hari

406,14

116

Tabel 1.5 Hasil Pengujian Kuat Tekan Beton

Untuk mencari kuat tekan beton dari hasil pengujian, digunakan rumus:

rumus

kuat tekan beton = ((Bacaan Pd Dial x101,97) / (Luas penampang tekan)) : 0,83

Keterangan : 1KN = 101,97 kg

Angka Konversi Silinder = 0,83

Dari tabel 6.2 dapat disimpulkan bahwa beton yang diproduksi memenuhi spesifikasi yang telah disyaratkan Peraturan Beton Indonesia ( SNI.2 – 1971 ), bahwa pada umur beton 28 hari, maka persentase kekuatan beton mencapai 100%.

Pemilihan mutu beton seperti dalam spesifikasi bahan dimaksudkan agar tidak mengalami pemborosan biaya serta aman untuk digunakan. Mutu beton ini juga harus disesuaikan dengan yang diinginkan pemilik yaitu yang tercantum dalam Rencana Kerja dan Syarat-syarat teknis.

Mutu beton K-400 dapat digunakan untuk konstruksi yang vertikal pada basement dan lantai dasar yaitu kolom, retaining wall, core wall, dan shear wall. Untuk mutu beton K-350 digunakan untuk pelat lantai basement, tie beam, pile cap, serta pada struktur lantai 1 sampai atas (balok, pelat lantai, kolom, tangga, core wall, dan shear wall)

About the Author

Author info. Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions, if you like it Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter

    Other Recommended Posts

  • pengetesan beton slump test
 
back to top